Senin, 21 April 2014

Sintak Pembelajaran DI dan Kooperatif

Penguasaan sintak amat penting dalam sebuah pembelajaran, ini akan memberi dampak dalam pembelajaran tersebut akan lebih bermakna disamping itu pula penguasaan materi yang akan dibelajarkan pada anak didik kita menjadi lebih menarik, semoga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran serta mencapai prestasi yang diinginkan.







Sintak DI
Fase                                                                                                                                       peran guru

1. menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran ,informasi latar belakang pelajaran,pentingnya pelajaran,mempersiapkan siswa untuk belajar.
2. Mendemonstrasikan ketrampilan  ( pengetahuanprosedural ) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif.
Guru mendemonstrasikan ketrampilan dengan benar , atau menyajikan informasi dengan tepat.
3. Membimbing pelatihan
Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan.
4. Mengecek pemahaman dan memeberikan umpan balik
Guru mengecek  apakah apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik.
5. Memberi kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan , dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih komplek dan kehidupan sehari-hari.

Sintak Pembelajaran Kooperatif.

Fase1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.

Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
Fase 2. Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demontrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase 3. Menggorganisasi siswa kedalam kelompok –kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Fase 4. Membimbing kelompok belajar dan bekerja
Guru membimbing kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase 5. Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi
Yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase 6. Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar