Sintak DI
Fase peran
guru
1. menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran ,informasi latar
belakang pelajaran,pentingnya pelajaran,mempersiapkan siswa untuk belajar.
|
2. Mendemonstrasikan ketrampilan ( pengetahuanprosedural ) atau
mempresentasikan pengetahuan (deklaratif.
|
Guru mendemonstrasikan ketrampilan dengan benar , atau
menyajikan informasi dengan tepat.
|
3. Membimbing pelatihan
|
Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan.
|
4. Mengecek pemahaman dan memeberikan umpan balik
|
Guru mengecek
apakah apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik.
|
5. Memberi kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
|
Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan
lanjutan , dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih
komplek dan kehidupan sehari-hari.
|
Sintak Pembelajaran Kooperatif.
Fase1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
|
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin
dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
|
Fase 2. Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan
demontrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase 3. Menggorganisasi siswa kedalam kelompok
–kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien.
|
Fase 4. Membimbing kelompok belajar dan bekerja
|
Guru membimbing kelompok belajar pada saat mereka
mengerjakan tugas mereka.
|
Fase 5. Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi
Yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase 6. Memberikan penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya
maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar